Selasa, 15 September 2015

Berfikir dan bertindak positif

Investasikan sedikit waktu Anda untuk berfikir dan bertindak positif
Rekan – rekanita pasti sudah mengetahui apa yang diomongin sekelompok remaja Cowo Jomblo (CoJo) ketika kumpul-kumpul sama ganksternya, temen ngopinya atau kelompok ngupilnya hehe.. Apakah Kharier? Sekolah? Aktivitas harian? Ato yang lain..? Naaah hasil pengamatan selama beberapa dekade, tenyata persentase ngomongin cewe itu lebih besar dari pada ngomongin yang lain.. Saya kira apa yang diomongin Cewe Jomblowati (CeJoti) juga sama jika dalam kondisi yang demikian kumpul bersama kelompok gosipnya hehe.. Lantas kasus yang kedua,  Apa yang difikirkan CoJo atau CeJoti ketika sendirian, ketika lagi galau dan tak ada seditpun teman yang menemani. Rata-rata secara tidak langsung  pasti yang terfikirkan adalah sama seperti apa yang ada di atas. Jika belum ada kejelasan, belum ada tindakan pasti dan belum ada respon yang positif. Secara tidak langsung mau tidak mau kita sudah menginvestasikan waktu kita untuk berfikir tentang hal yang buram dan belum jelas adanya. Saya ngomongin investasi karena setiap apa yang kita lakukan pasti akan berdampak. Ivestasi = menanam/ memberikan. Dalam bahasa Jawa “Ngundhuh wohing pakarti “ (memetik apa yang telah dilakukan). Naaaah, ketika kita menginvestasikan waktu kepada sesuatu yang belum jelas seperti kedua kasus di atassama halnya kita memberikan waktu produktif kita untuk para pemakan waktu (melamun, membayangkan dan berandai-andai). Coba kita analisis rekan-rekanita, ketika setiap hari waktu kita tersita 50 menit saja untuk memikirkan hal yang belum jelas tersebut, maka bisa kita prediksikan :
Selama  1 minggu = 350 menit atau 5,83 jam
1 bulan = 1500 menit atau 25 jam
            1 tahun = 18.000 menit atau 300 jam
Bagaimana kalau 2 tahun? 3 tahun? Atau bertahun-tahun? Berarti secara tidak langsung kita menginvestasikan waktu kita untuk berfikir hal-hal yang GaJebo (Gak Jeelas Boo).Lantas apa untungnya bagi kita dan apa dampak yang kita peroleh dari investasi tersebut.  Naaah, beda lagi kalau kita Investasikan sedikit waktu kita untuk melakukan tindakan-tindakan positif misalnya membaca, beribadah, menulis atau yang lain. Maka secara tidaklangsung waktu yang kita investasikan tersebut akan berdampak positif dan tindakan-tindakan yang kita lakukan tersebut juga berdampak positif bagi kita maupun oranglain. Ingat !!! Investasikan sedikit waktu Anda untuk berfikir dan bertindak positif maka Anda akan memperoleh dampak yang positif. Kita ambil contoh lagi : ketika kepala kita sudah mulai meledak karena dari pagi sudah diberi sarapan soal-soal  Matematika kemudian diteruskan dengan musuh besar Fisika, ditambah lagi dengan guru yang super killer serta tak mau tahu. Maka ketika istirahat, untuk meredam ledakan otak tadi coba kita investasikan sedikit waktu kita untuk mengambil air wudhu yang super segerr dan mulai melaksanakan Sholat Dhuha. Pasti dampak positif berpihak pada kita.
            Lantas bagaimana mengatasi CoJo dan CeJoti yang sering menginvestasikan (memberikan) waktunya kepada para pemakan waktu?? Yang sering berfikir GeJe (Gak Jelas). Naaahh ikuti ritual saya :
1.      Ubah mainset Anda serta tanamkan pada fikiran Anda sedikit waktu sangat bermanfaat
2.      Tanamkan niat untuk berubah
3.      Jangan sampai memberikan peluang untuk galau ketika sendiri. Hehe atau langsung tutup peluang tersebut dengan melakukan hal-hal yang positif.
4.      Mulailah memperbanyak melakukan puasa, olahraga, atau memperbanyak pertemanan.
5.      Ikut sholawatan hehe.. (kumpul-kumpul yang positif)
6.      Sibukkan diri Anda untuk menginvestasikan sedikit waktu Anda untuk berfikir dan bertindak positif.

Naaah sekarang masihkah Anda menginvestasikan sedikit waktu Anda untuk berfikir dan mengerjakan hal-hal yang belum jelas??? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar